Ini Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis Dan Panas

Pasti permasalahan baterai smartphone android yang cepat habis serta panas sering anda alami kan? Lantas apa penyebab dan cara mengatasinya? Berikut penjelasannya. Smartphone sebagai ponsel pintar memiliki berbagai jenis fitur dan aplikasi di dalamnya.

Terkadang tanpa kita sadari saat mengoperasikan handphone canggih ini, kita menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan seperti contohnya membuka aplikasi chat, kemudian tanpa menutupnya aplikasi tersebut malah membuka aplikasi sosial media yang bisa jadi saat anda chatting dengan seseorang yang mengharuskan anda melihat sosial media mungkin untuk mencari tahu info orang tersebut mengenai siapa dia, kegiatannya apa, jika dia chat dengan anda dan menawarkan barang dagangannya pastinya anda tidak langsung percaya begitu saja kan?

Bisa juga dia memberikan alamat websitenya yang mengharuskan anda tanpa disadari malah membuka aplikasi lainnya seperti browser untuk melihat website si penjual online tadi. Coba lihat dimulai dari sekedar chat, sudah berapa aplikasi anda buka?

Apakah anda sadar selama ini? Belum lagi anda yang hobinya mendengarkan musik, bisa jadi sambil chat tadi di awalnya anda sudah mendengarkan musik. Ya tanpa kita sadari telah memaksa smartphone kita untuk berkerja ekstra, yang bisa jadi menyebabkan baterai smartphone android jadi cepat habis padahal baru di cas. Itu adalah salah satu penyebab dari sekian banyak faktor yang mendukung baterai android jadi cepat panas juga. Apakah ada penyebab lain? Bagaimana cara mengatasinya? Ini akan kita bahas bersama.

Penyebab Baterai Android Cepat Habis dan Panas

Ini Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis Dan Panas

Sebelum kita mengetahui penyebab baterai cepat habis dan panas, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui cara kerja ponsel cerdas tersebut dengan begitu saat menggunakannya kita bisa memperlakukannya dengan baik.

Setiap handphone pintar memiliki perangkat lunak di dalamnya atau bisa juga dibilang mempunyai sistem operasi dimana setiap sistem tersebut mempunyai banyak fungsi dimana dengan keberagaman fungsi yang ada akan berakibat sangat mudah terjadi kerusakan baik di sistemnya sendiri maupun di fitur- fitur yang ada seperti aplikasi.

Salah satu yang membedakan smartphone dengan handphone biasa adalah adanya jaringan internet, selama ada paket data di ponsel pintar kita maka dengan otomatis jaringan internet tersebut juga akan selalu bekerja walaupun tidak kita gunakan jadi jangan heran jika anda mengalami kejadian seperti kehabisan tenaga daya baterai atau istilah yang biasa dipakai adalah baterai jadi cepat lobet atau habis, yang sebenarnya tidak sedang digunakan.

Layaknya manusia yang mempunyai keterbatasan dan ketidaksempurnaan, maka handphone cerdas ini juga mempunyai batasan- batasan yang mengharuskan sistem yang ada hanya bisa beroperasi dengan bagus selagi masi tidak melampaui batasan, jika sudah melampauinya maka akan terjadi beban berat dalam pengoperasian yang menuntut tenaga daya baterai yang lebih besar pula. Ya lebih kurang seperti inilah cara kerja dari sebuah smartphone.

Lantas apa sih penyebab baterai smartphone jadi cepat panas? Berikut hal- hal yang perlu anda ketahui:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyumbang terbesar yang membuat baterai jadi cepat ngedrop atau habis karena sistem yang ada tidak sanggup bekerja berlebihan seperti yang anda inginkan. Bisa jadi hanya bisa mengoperasikan 2 atau 3 aplikasi dalam waktu bersamaan tapi lebih dari itu jadi kendala bagi sistem yang ada. Belum lagi smartphone yang hanya bisa menjalankan 1 aplikasi jadi, berarti anda tidak bisa membuka aplikasi lainnya.

Era sosial media dan sosial chat juga salah satu penyumbang terbesar yang membuat baterai cepat habis dan panas, kenapa? Ya, pasti anda mempunyai akun di tiap sosial media kan? Ada akun di facebook, twitter, instagram, google + , untuk sosial chatnya ada bbm, wa, line, skype dan lainnya dimana jika semua akun anda aktif dan selalu terhubung ke internet, walau tidak pakai maka sistem dalam ponsel cerdas akan terus berkerja.

Bagi yang suka berselancar di dunia maya tanpa disadari juga menyumbang penyebab cepat menurunnya tenaga daya baterai dan membuat baterai tersebut mudah panas, terlebih yang hobinya berselancar sambil liat video seperti di youtube selain baterainya cepat habis, paket datanya juga 😀 .

Seperti yang dijelaskan di pembukaan di atas, bahwa sistem handphone anda tidak bisa mengerjakan pekerjaan banyak sekaligus (multitasking) .

Layaknya manusia, smartphone anda juga butuh istirahat, jadi tidak ada salahnya sebelum tidur, bisa melepas baterai anda dan juga selain itu saat mengecharge maka sebaiknya dalam keadaan mati dan tidak dipakai saat di charge.

Pastikan untuk selalu memakai charge bawaan ponsel tersebut karena jika salah memakai charge lainnya maka bisa jadi salah satu penyebab menurunnya kualitas baterai handphone kita dengan begitu walau awalnya sudah terisi penuh, jika menggunakan charger yang berbeda dari bawaannya dapat juga membuat baterai android cepat habis serta panas.

Terakhir yang memang tidak bisa dihindarkan lagi, bisa jadi sudah masuk batas akhir usia baterainya yang membuat kualitas tidak seperti baru lagi, apalagi jika anda beli handphone yang tidak baru dan sudah lama dipakai, kita tidak tahu pasti sudah berapa keras baterai yang ada di ponsel cerdas tersebut bekerja.

Solusi Mengatasi Baterai Smartphone Android Cepat Panas

Baterai Android Tidak Cepat Habis Dan Panas

Anda telah mempelajari sistem kerja dari sebuah smartphone dan juga penyebab yang membuat baterai handphone jadi cepat habis dan panas, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasi baterai android anda agar tidak cepat habis dan panas. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

  • Mematikan Sambungan Data

Bisa dibilang smartphone tanpa internet bukan handphone cerdas namanya, terlebih paket data tidak ada. Tapi yang perlu anda ketahui, inilah penyumbang terbesar yang membuat ponsel anda cepat boros karena lagi- lagi selagi masi aktif paket data maka akan otomatis tersambung terus ke internet dan dengan begitu baterai pun terus bekerja walau tidak digunakan ponsel tersebut.

  • Periksa Sambungan Wifi, Bluetooth, GPS

Bagi anda yang suka hangout bareng teman di tempat- tempat seperti cafe, rumah makan, atau tempat untuk berkumpul lainnya pastinya akan lebih memilih menggunakan wifi karena akan menghemat paket data anda bukan? Namun bisa jadi, saat meninggalkan tempat tersebut, sambungan wifi lupa anda matikan, walau tidak bisa digunakan tapi sistem yang ada dalam smartphone tetap mendeteksi perintah untuk mengaktifkan wifi selamanya dan dengan kata lain maka dibutuhkan daya untuk menjalankan perintah tersebut, secara otomatis baterai handphone anda juga ikut bekerja ekstra yang menyebabkan cepat drop atau boros. Begitu juga dengan fitur bluetooth dan GPS ponsel anda jika sedang tidak dipakai, alangkah baiknya dimatikan agar baterai habis juga tidak sia- sia.

  • Mengurangi Tingkat Kecerahan Handphone

Handphone yang diatur tingkat kecerahannnya akan memudahkan kita untuk membaca atau juga melihat dari layar, namun semakin tinggi dan semakin cerah juga tidak terlalu disarankan terlebih anda yang sedang tidak berada di ruangan gelap maka alangkah baiknya untuk mengaturnya ke tingkat yang default saja (pengaturan awal) dengan begitu sistem ponsel anda tidak harus bekerja lebih keras dan otomatis berdampak juga ke baterai.

  • Mengaktifkan option power saving mode

Ini salah satu jalan terbaik yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai android, karena dengan diaktifkannya power saving mode akan membantu menyimpan daya baterai dan juga merekomendasikan dari segi tampilan gambar, tingkat kecerahan, dan yang berhubungan dengan tampilan yang akan muncul di layar ponsel anda.

  • Mengatur option Screen Time Out

Dengan melakukan setting pada screen time out merupakan pilihan yang sangat cerdas, karena dengan ini membantu mengatur lamanya waktu redup apakah akan dibuat lama atau singkat. Jadi saat anda tidak menggunakan smartphone maka layar akan redup dengan sendirinya.

Jangan Heran Lagi Kenapa Baterai Smartphone Jadi Cepat Habis serta Panas

Baterai Android Cepat Habis Panas

Ya itu kata- kata yang tepat jika anda telah membaca tulisan ini, karena anda sudah mengetahui latar belakang yang membuat baterai android cepat habis dan panas serta bagaimana cara mengatasinya. Sekarang, tinggal anda praktekkan saja untuk ponsel cerdas anda dan sekedar saran yang sederhana dari kami adalah: Matikan HP jika tidak Perlu.

Terima Kasih.

 

 

 

 

 

Ini Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis Dan Panas | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!