Cara Mudah Membedakan Smartphone Asli dan Palsu Biar Tidak Tertipu

Sangat mengesalkan saat tahu smartphone yang dibeli bukan asli malah palsu, itu juga sudah lama. Masih banyak para konsumen yang kesulitan untuk membedakan smartphone asli dan palsu dikarenakan informasi ataupun pengetahuan tentang hal ini juga masih sedikit orang yang mengetahui, terlebih jika sudah diming-imingi dengan harga murah.

Hal ini tidak bisa dihindari karena para produsen berlomba-lomba mengeluarkan produk mereka seperti salah satunya adalah brand ASUS yang disetiap launching produk mereka maka membuat orang tidak sabar untuk membeli dikarenakan kualitas serta harganya terjangkau seperti halnya harga asus zenfone 5 yang sampai saat ini masih banyak orang mencari.

Lantas apakah tidak ada cara untuk mengetahui perbedaan android asli maupun palsu agar tidak mudah tertipu lagi? Inilah yang akan dibahas pada blog BedahGadget.com untuk memberikan informasi tentang langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk menguji keaslian dari produk smartphone yang akan dibeli maupun yang telah dibeli sebelumnya. Berikut caranya.

12 Cara Membedakan Smartphone Asli dengan Palsu

Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu

Setelah membaca penjelasan diatas, agar tidak terlalu lama maka langsung saja BedahGadget.com sampaikan bahwa ada 12 cara yang bisa dilakukan dalam hal mencari perbedaan smartphone asli dengan palsu, antara lain:

  1. Melihat dari spesifikasinya
    Ini langkah pertama yang bisa dilakukan saat menentukan apakah ponsel android asli apa tidak, dengan cara melihat spesifikasi apa saja yang dimiliki. Dalam hal ini perlu menitikberatkan kepada jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100 serta kapasitas RAM dan ROM.

 

  1. Cek IMEI
    IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity terdiri dari 15 digit angka yang berguna untuk memberikan informasi produk smartphone yang ada berasal dari mana, apakah termasuk dari negara tempat ponsel pintar tersebut diproduksi apa tidak dengan cukup menekan *#06# lalu tekan tombol panggil akan keluar 15 digit angka kemudian perhatian digit ke-7 dan ke-8 , jika huruf maka bisa dipastikan terlihat perbedaan smartphone tersebut bukan asli melainkan palsu.

 

  1. Melalui data exif
    Berbicara data exif berarti tentang hasil gambar yang diambil menggunakan kamera, caranya dengan melakukan tes ambil gambar suatu objek kemudian lihat informasi gambar tersebut pada pc, dengan terlebih dahulu dipindahkan dari handphone ke pc.

 

  1. Uji coba BenchmarkMembedakan Smartphone Asli Palsu Antutu Benchmark

    Cara membedakan smartphone android apakah asli atau palsu dengan menggunakan metode benchmark artinya menguji nilai standar yang dimiliki oleh handphone tersebut, dalam hal ini akan terlihat apakah sesuai dengan standar merk ponsel pintar tersebut apa tidak. Untuk aplikasi benchmark android bisa instal Antutu Benchmark .

 

  1. Memeriksa bentuk, desain dan warna
    Terkadang apabila suatu produk yang asli dan palsu juga dapat dilihat dengan mata telanjang langsung, biasanya akan terlihat perbedaan pada segi bentuk, desain maupun warna ponsel cerdas yang ada. Smartphone akan terkendala apabila produk yang asli memiliki bentuk, warna, maupun desain yang unik maka akan terlihat langsung.

 

  1. Kartu garansi
    Semakin lama memang para pelaku ataupun produsen barang-barang palsu juga mempelajari bagian penting mana saja yang harus mereka atasi agar tidak mudah diketahui cara membedakan android asli dan palsu, maka dalam hal kartu garansi juga mulai dipelajari pembuatannya agar terlihat asli. Walau begitu, bisa juga di cek langsung ke service center resmi untuk mengetahuinya.

 

  1. Performa
    Apabila menggunakan metode melihat performa hal ini artinya smartphone tersebut digunakan terlebih dahulu dalam waktu lama baru ketahuan asli apa tidak, karena produk palsu makin lama akan terasa lebih berat saat digunakan, terlebih semakin banyak aplikasi dimana hal ini disebabkan kapasitas yang tidak sama dengan yang asli.

 

  1. Memeriksa setiap detail tulisan
    Cara mengetahui smartphone asli apa palsu dengan melihat setiap detail tulisan yang ada pada produk ponsel pintar memang tidak terlalu bisa jadi patokan, namun dapat juga dijumpai ada tulisan baik pada kotak handphone maupun bagian casingnya huruf yang salah cetak, atau juga mudah hilang maupun pudar.

 

  1. Memeriksa NFC connectornyaPerbedaan Smartphone Asli dan Palsu NFC Connector

    Apa itu NFC? Fungsi pada android untuk apa? Saat ingin mentransfer sesuatu apakah file atau data penting lainnya dari satu ponsel ke ponsel lain yang sama-sama memiliki NFC maka tinggal menyentuhkan bagian belakang, sedangkan untuk melihat perbedaan smartphone asli palsu bisa lihat bagian NFC yang ada pada saat dibuka casing baterai, apabila palsu maka garisnya terlihat lebih jelas ketimbang yang asli.

 

  1. Kualitas dan harga
    Berbicara kualitas sebenarnya tidak jauh dari yang namanya performa, dan biasanya lebih detail lagi yang perlu diperhatikan agar dapat mengetahui apakah ponsel pintar yang dimiliki asli atau palsu. Perlu diketahui juga, tidak ada barang berkualitas dibanderol dengan harga smartphone jauh dibawah harga pasaran maka perlu cermat saat melihat harga murah.

 

  1. Kelengkapan Produk
    Cara ini mungkin agak tidak bisa juga jadi patokan, namun banyak juga dijumpai suatu produk smartphone dijual hanya ponselnya saja tapi tidak ada kelengkapan seperti charger, kabel data, atau juga earphone maka perlu memastikan juga saat membeli handphone pertanyakan ada apa tidak aksesorisnya.

 

Paling Utama Cara Membedakan Smartphone Asli dengan Smartphone Palsu

Telah dijelaskan diatas sebelumnya ada 11 langkah yang bisa digunakan untuk mengetahui cara membedakan ponsel android asli dengan palsu namun hal paling utama yang bisa dilakukan adalah dengan membeli handphone pada tempat-tempat resmi sesuai petunjunk dari merk smarpthone yang ada.

Mungkin masih jarang cara ini dilakukan, dimana biasanya saat ingin mengetahui informasi tentang spesifikasi smartphone atau juga ingin memilih smartphone android berkualitas lebih suka mengetikkan langsung ke kolom pencarian di mesin pencari seperti google. Hal ini memang sah-sah saja, namun alangkah lebih baik dapat berkunjung terlebih dahulu ke situs resmi merk ponsel tersebut untuk mendapatkan informasi dasar, kemudian baru cek ke google apakah tentang review gadget terbaru maupun lainnya.

Memang lebih membutuhkan waktu lama, namun dengan melakukan hal tersebut maka sebagai calon pembeli sudah memiliki pengetahuan minimal spesifikasi handphone yang akan dibeli, jadi saat memutuskan membeli baik pada toko online maupun mendatangi toko offline sudah ada gambaran dan bisa dengan mudah membedakan apakah smartphone asli atau palsu.

Sekali lagi juga diingatkan disini, jangan mudah tergiur dengan harga smartphone murah apalagi tidak ada penjelasan kenapa bisa murah dari penjualnya, kecuali memang dari pihak resmi vendornya mengadakan promo murah atau cuci gudang istilah lainnya maka hal tersebut wajar juga.

Selain hal tersebut, langkah terakhir dan bisa dikatakan lebih jitu adalah dengan mengikuti perkembangan berita dari vendor resminya. Caranya sangat mudah, terlebih saat sekarang ini sosial media sudah menjadi magnet sangat besar untuk mendapatkan informasi yang akurat bahkan sampai informasi tentang mengetahui perbedaan smartphone asli dengan palsu bisa juga didapatkan dari sosial media.

Hanya dengan mengikuti atau jadi follower akun resmi merk smartphone yang ada, kemudian lihat status-status yang ada maupun penjelasan produk, dan dengan begini tidak akan mudah tertipu lagi. Perlu perhatikan juga akun yang diikuti, pastikan ada informasi terverikasinya pada fanpage fb contohnya fanpage smartphone ASUS biasanya ada tanda ceklis disamping nama akun yang apabila disorot ke tanda tersebut muncul di layar informasinya.

Sepertinya sudah banyak langkah-langkah yang diberikan dalam hal mengetahui perbedaan smartphone androi asli dengan palsu yang disampaikan, semoga informasi ini dapat berguna.

 

 

 

 

 

Cara Mudah Membedakan Smartphone Asli dan Palsu Biar Tidak Tertipu | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!