Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Lambat serta Lemot

Saat smartphone android lambat padahal sedang dibutuhkan untuk bekerja lebih cepat, pasti itu merupakan momen-momen yang paling menjengkelkan. Memiliki ponsel yang mahal atau juga spesifikasi yang tinggi bukanlah jaminan sepenuhnya handphone yang digunakan bebas dari namanya lemot karena sebagus apapun dan setinggi apapun spesifikasi ponsel yang dimiliki pasti mempunyai yang namanya ambang batas kemampuan.

Dimana semakin lama digunakan maka kemampuan yang ada jadi semakin berkurang juga, oleh karena itu sebagai pengguna gadget yang cerdas harusnya mempelajari apa saja yang jadi penyebab smartphone jadi lemot maupun lambat dan juga perlu mempelajari tata cara mengatasi smartphone lambat.

Berhubung anda sudah berada di blog bedahgadget.com yang sedang bahas tentang android lemot maka boleh dibaca sampai habis penjelasan yang diberikan, biar tahu dan tidak perlu pusing dan ribet lagi saat menggunaakan hp secara tiba-tiba kinerjanya lain dari biasanya.

Biar tidak terlalu lama, akan dibahas mulai dari faktor penyebab android lambat dan kemudian membahas bagaimana cara mengatasi smartphone yang lambat maupun lemot.

Penyebab Smartphone Android Lambat

Penyebab Smartphone Android Lambat

Setelah beli hp android biasanya kebanyakan para pengguna gadget langsung tidak sabar ingin mendownload berbagai jenis aplikasi yang ada, mulai dari yang digunakan untuk sosial chat, sosmed, dan berbagai aplikasi lainnya.

Namun tanpa disadari, semakin banyak menginstal aplikasi dan kedepannya tidak digunakan malah akan membuat sistem jadi berkerja berlebihan, ini menjadi salah satu penyebab smartphone lemot yang bisa jadi banyak yang belum sadar. Namun ada beberapa faktor lainnya diantaranya:

1. Penggunaan Shortcut Berlebihan pada Home Screen

Tampilan depan layar atau home screen baik pada ponsel baru maupun yang sudah lama digunakan pasti banyak dihiasi dengan shortcut berbagai jenis aplikasi. Salah satu alasannya agar lebih memudahkan untuk mengakses aplikasi mana yang ingin dipakai. Memang benar jadi mudah, tetapi apabila terlalu banyak juga tidak baik.

Setiap apa yang ada di ponsel bahkan sampai tampilan juga menjadi tanggung jawab sistem. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyortiran mana-mana saja aplikasi yang memang sering digunakan dan untuk yang jarang dipakai sebaiknya dihapus saja shortcutnya pada home screen.

Selain shortcut, juga perlu lebih bijak lagi menggunakan wallpaper. Pilih yang tidak terlalu banyak gerak, cukup yang statis saja. Hal ini dikarenakan saat memakai wallpaper yang bergerak membuat kinerja sistem jadi lebih berat.

2. Menumpuk SMS dan Log Aktivitas

Kebiasaan yang sering dilakukan juga adalah menumpuk sms baik masuk maupun keluar pada ponsel, dimana semakin lama akan membuat sistem jadi kerja ekstra agar informasi sms yang ada tetap bisa diakses.

Sebaiknya jika memang informasi sms tersebut tidak penting lagi maka tidak perlu disimpan terlalu lama, sama halnya dengan log aktivitas seperti menelpon yang juga jika dibiarkan terus menerus akan membuat jadi menumpuk.

3. Menyimpan File Terlalu Banyak di Memori Internal

Ini semacam jadi dilema bagi pengguna smartphone yang hanya memiliki memori internal dan tidak bisa menambahkan memori eksternal, jika hal ini yang dialami perlu lebih bijak untuk memakai memori.

Sedangkan bagi yang mempunyai slot memori eksternal, sebaiknya mulai dipergunakan karena pada dasarnya masih banyak merk ponsel yang kapasitas memori internalnya sedikit sehingga jika terlalu dipaksakan untuk menyimpan file dalam jumlah banyak akan membuat kerja sistem semakin berat.

Solusi Mengatasi Smartphone Android yang Lambat

Mengatasi Smartphone Lambat

Setelah tadi sobat bedah gadget mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab android lemot maka selanjutnya akan di bahas bagaimana cara untuk mengatasinya, berikut beberap hal yang bisa dilakukan:

1. Selalu Update OS

Mengupdate sistem saat ada petunjuk langsung untuk melakukan updatenya sebaiknya diikuti karena bisa jadi ada sistem yang sudah tidak bisa lagi di pakai sehingga perlu dilakukan pembaharuan.

Terkadang pengguna gadget merasa hal tersebut dapat menguras daya baterainya yang membuat mereka jadi malas untuk update, tetapi jika dilihat efek setelah update ponselnya jadi berjalan lebih baik pasti bakal buru-buru update jika ada pemberitahuan.

Oleh karena itu, mulai sekarang dan ke depannya cobalah untuk mengikuti petunjuk yang ada. Apabila ada informasi untuk update sistem maka segera dilaksanakan, tetapi jika tidak ada informasi maka bisa lakukan pengecekan sendiri dengan masuk ke dalam menu setting lalu pilih about device dan lihat pada bagian software update kemudian sentuh tombol check for updates untuk melakukan pengecekan.

2. Membersihkan Semua Aktivitas Terakhir

Setiap hal yang dilakukan menggunakan ponsel pastinya tersimpan pada memori yang ada untuk sementara waktu yang biasa dikenal dengan istilah recent files. Banyak pengguna gadget yang tidak menyadari bahwa semakin besar jumlah recent files akan menjadi penyebab smartphone menjadi lambat

Untuk mengatasi hal tersebut maka bisa ditambahkan aplikasi pembersih untuk android yang tersedia di google play store. Terbilang agak ganjil, mau membuat smartphone biar tidak berat tetapi malah menginstal aplikasi lagi. Bagi yang di hp nya ada fitur meningkatkan daya, baik daya baterai maupun daya kinerja sistem maka aplikasi tersebut tidak perlu diinstalkan tetapi bagi yang tidak terdapat fitur sebut, mau tidak mau sebaiknya menginstal aplikasi pembersih.

3. Menonaktifkan Auto Brightness dan Auto Rotate

Layar hp yang terang memang akan lebih memberikan kenyamanan untuk pengguna namun ini juga menjadi salah satu faktor penyebab android jadi lambat. Apabila ingin digunakan juga, bisa dengan mengatur lamanya layar hidup. Jadi jika tidak dipakai, dalam waktu sekian menit atau detik (tergantung pilihan yang ada di hp) maka layar langsung mati, sehingga autobrightness tidak terus-terusan bekerja. Namun, lebih disarankan untuk memiliki tingkat cerah yang standar saja.

Selain tingkat kecerahan, ada juga namanya auto rotate dimana tampilan layar akan mengikuti sesuai dengan posisi gadget. Apabila hal ini tidak terlalu berguna, maka dapat dinonaktifkan saja karena auto rotate membuat sistem jadi banyak terpakai. Peljari juga tentang merawat layar smartphone.

4. Menonaktifkan Auto Sync

Salah satu yang membedakan ponsel biasa dengan ponsel pintar adalah pengguna jika ingin mengakses untuk pertama sekali harus memasang akun, seperti email. Ini diperlukan karena segala data yang ada nantinya pada sistem dapat di simpan pada akun tersebut saat mengaktifkan fitur backup data.

Sama halnya saat ingin menggunakan media sosial, pasti juga membutuhkan penambahan akun. Dengan banyaknya akun tersebut tanpa diketahui ada fitur bernama auto-sync yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang data-data terbaru, misalnya ada email masuk, ada balasan dari sosmed dan lainnya.

Dilihat secara singkat maka fitur tersebut sangatlah berguna karena berperan sebagai pemberi informasi, namun semakin lama dan semakin banyak akun yang ada auto-sync serta banyaknya interaksi yang terjadi dapat membuat smartphone lambat karena harus bekerja menerima data-data tersebut.

Saran yang bisa disampaikan disini, sobat bedah gadget dapat memilih mana akun yang auto-sync nya paling banyak aktif dan jika memang tidak terlalu penting dapat menonaktifkan fitur tersebut.

5. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Pilihan kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset lebih sering digunakan saat terjadi kendala saat mengakses handphone, namun sangat jarang pengguna gadget memilih fitur ini untuk membantu agar android tidak lemot.

Pengaturan pabrik merupakan pilihan yang sangat tepat apabila mulai terasa lambat kerja handphone, namun sebelumnya aktifkan fitur cadangkan akun serta backup data agar file-file yang penting serta database tidak hilang. Dengan mengaktifkan factory reset maka sistem akan bekerja seperti semula disaat pertama sekali handphone dibeli.

Memastikan Smartphone Agar Tidak Lambat dan Lemot

smartphone-lambat

Cara yang paling jitu untuk dilakukan agar smartphone tidak lambat adalah dengan menggunakannya sesuai kebutuhan. Menginstal banyak aplikasi namun tidak memakainya merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Pelajari terlebih dahulu apakah aplikasi yang akan di instal benar-benar dibutuhkan? Dan tidak ada salahnya juga mencari tahu bagaimana merawat smartphone yang benar agar bisa tetap bagus selamanya.

Jika memang dibutuhkan, sebaiknya pertimbangkan juga kegunaannya apakah dipakai dalam jangka waktu lama atau malah hanya sebentar saja. Apabila hanya sebentar, maka sebaiknya setelah selesai langsung dihapus saja agar tidak lupa dan malah jadi menambah jumlah aplikasi yang diinstal. Dengan melakukan hal demikian maka tidak perlu pusing lagi gara-gara smartphone android lambat sehingga buat kegiatan jadi terkendala.

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Lambat serta Lemot | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!