Tips Penting Dilakukan Setelah Beli HP Android Baru

Setelah beli handphone android baru kebanyakan para pengguna gadget kebingungan saat ingin mengoperasikannya pertama sekali, belum lagi ponsel yang memiliki fitur canggih jadi tambah bingung sebaiknya mau diapakan telepon genggamnya. Jika ini yang dialami, maka untuk kesempatan kali ini tim bedahgadget.com bakal bagi-bagi tips setelah beli hp baru.

Langkah pertama paling mudahnya sebenarnya adalah membaca buku petunjuk atau manual book yang biasa ada pada kotak handphone, karena memang disediakan untuk memudahkan konsumen dalam hal pengoperasian. Namun kebanyakan pada malas membacanya, bisa jadi karena butuh proses dahulu seperti membaca, memahami, baru mempraktekkan.

Padahal jika diikuti petunjuk yang ada bakal tahu langkah pertama setelah beli handphone baru sebaiknya langsung gunakan semua fitur, atau menyesuaikan fitur-fitur yang ada dengan kebutuhan dalam membantu aktivitas nantinya.

Hanya saja, paling sering dilakukan pengguna ponsel pintar adalah mencari fitur kamera langsung foto selfie kemudian mengupload ke sosial media, atau juga memotret kotak handphone kemudian menguploadnya. Hehehehe

Sah-sah saja sih, tapi sebaiknya mulailah mencoba untuk membaca buku petunjuk yang ada karena itu cara paling jitu dan bagus untuk dilakukan pertama sekali setelah beli hp android.

Praktekkan INI Setelah Beli HP Baru

Apabila sudah membaca manual book, tidak perlu bingung mau lakukan apa setelah beli android karena sudah ada penjelasannya, namun jika masih bingung karena butuh pemahaman terhadap isi buku petunjuk yang ada, bisa praktekkan apa yang dijelaskan disini yang sudah terangkum secara jelas dan biasanya dialami oleh setiap pengguna gadget terlebih yang masih baru apalagi baru beralih dari ponsel biasa ke ponsel pintar.

Periksa Kotak Handphone

Tips Setelah Beli HP Android Baru

Langkah pertama setelah beli android langsung dari toko, pastinya masih dalam bungkusan kotak. Saat membuka kotak tersebut sebaiknya jangan langsung ambil hpnya tapi periksa terlebih dahulu apa-apa saja yang ada dalam kotak misalnya kartu garansi, charger, kabal data atau juga alat bantu mendengar musik (namun untuk headshet akhir-akhir ini sudah jarang dijumpai di dalam kotak).

Mengecek Body Handphone Android

Setelah Beli HP Baru

Bisa saja walau ponsel masih baru tapi saat di cek body secara keseluruhan dari handphone yang telah dibeli rupanya ada kerusakan yang tidak terlihat saat di toko, jika ini dialami untuk penyelesainnya tergantung kartu garansi, ada apa tidak garansi untuk melakukan pergantian casing yang rusak, jika ada segera langsung gunakan kartu tersebut sebelum terlalu lama waktunya.

Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh

Setelah Beli Android

Apabila sudah ditangan smartphone yang diinginkan, biasanya langsung tidak sabar untuk mengoperasikannya, benar kan? Perlu untuk diketahui, saat ponsel diproduksi biasanya dari pabrik akan melakukan pengisian awal namun tidak full charge, hanya seadanya saja sehingga sebelum digunakan sebaiknya di cas sampai penuh terlebih dahulu dan petunjuk maksimal pengisian penuh bisa ditemukan pada buku manual. Salah satu hal yang bijak untuk dilakukan setelah beli hp baru.

Memeriksa Slot SIM Card

Tips Setelah Beli HP

Slot untuk memasukkan SIM Card biasanya pada ponsel terdapat di belakang saat dibuka penutup baterai maka ditemukan slotnya, namun ada juga smartphone yang memiliki slot di tempat berbeda dikarenakan baterai tidak bisa dibuka atau lebih dikenal istilah baterai tanam.

Contoh smartphone yang slotnya di tempat berbeda adalah ASUS Zenfone 3 yang baru-baru ini selesai di launching dan siap bersaing dengan merk smartphone lainnya. Pada merk ini, slotnya berada di bagian samping badan handphone dan untuk membukanya perlu menyucukkan seperti jarum pada lubang kecilnya baru keluar slot SIM Cardnya.

Melihat Pembaharuan Sistem

Tips Setelah Beli Android

Sistem pada ponsel pintar perlu untuk selalu di update agar kinerjanya tetap berjalan dengan baik. Setelah mengaktifkan handphone, langsung aktifkan internet kemudian lihat pada bagian sistem pengaturan apakah yang terpasang pada smartphone merupakan sistem terbaru, jika ada info pembaharuan maka sebaiknya perbaharui terlebih dahulu sebelum digunakan.

Mengupgrade Fitur dan Memfilter Aplikasi

Langkah yang penting untuk dilakukan setelah beli handphone adalah meningkatkan atau mengupdate fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pastikan terlebih dahulu jaringan internet aktif agar saat update jadi lebih mudah prosesnya berlangsung.

Selain fitur, untuk ponsel yang baru juga saat diproduksi dari pabrik sudah banyak terinstal aplikasi yang terkadang sebenarnya tidak dibutuhkan. Untuk menghemat kapasitas penyimpanan, sebaiknya lihat terlebih dahulu aplikasi apa saja yang terpasang, mana yang memang tidak dibutuhkan langsung di hapus saja biar tidak memberatkan.

Mempelajari Smartphone yang dibeli asli apa tidak

Ini salah satu poin penting juga yang perlu sekali untuk diperhatikan serta dipraktekkan setelah beli smartphone baru agar bisa langsung mengklaim jika ditemukan hal-hal yang tidak sesuai. Tahapan yang satu ini kebetulan telah dibuat tulisannya sendiri dengan judul membedakan smartphone asli dan palsu pada blog ini juga, bisa dipelajari terlebih dahulu.

Bagi yang membeli handphone cerdas merk samsung, berikut ada beberapa kode penting yang bisa diterapkan pada ponsel agar bisa mengetahui asli apa tidaknya.

*#0000#* untuk mengetahui keaslian samsung yang dibeli, karena brand ini paling banyak replikanya

*#*#2664#*#* untuk melihat kualitas dari layar smartphone khususnya merk samsung, dengan begitu jadi bisa diketahui tingkat sensifitasnya. Namun perlu diingat juga jika tidak pandai dalam merawat layar smartphone maka bisa mengurangi sensifitasnya, oleh karena itu hal tersebut juga perlu untuk dipelajari.

baca juga: Daftar Harga HP Samsung Android Terbaru

*#*#34971539#*#* digunakan untuk mengecek spesifikasi dari kamera yang ada dengan begitu jadi tahu apakah ponsel cerdas yang dibeli termasuk kategori hp kamera terbaik apa tidak. Akan muncul informasi tentang resolusi serta kapasitas megapiksel yang ada pada kamera.

*#*#7780#*#* ini sebaiknya tidak digunak jika memang tidak terjadi kerusakan sistem pada smartphone yang ada, karena dengan menggunakan kode tersebut berarti mengaktifkan reset pabrikan, dengan kata lain bakal mengembalikan semua yang ada kembali baru seperti yang bisa ditemui setelah beli hp baru yang semuanya pengaturan dikategorikan default.

Memastikan Fitur Wi-Fi dan Tethering Hotspot

Panduan Cara Membuat Smartphone Android Jadi Modem Wifi

Wi-Fi salah satu fitur yang sangat membantu saat kehabisan kuota internet, terlebih saat berada di suatu tempat yang ada wi-fi nya maka perlu untuk mengecek di handphone baru tersebut, mulai cek dimana keberadaannya serta cara mengaktifkannya dan kalau perlu di tes langsung ke tempat yang ada jaringan wi-fi nya biar tahu apakah bisa menerima apa tidak.

Selain wi-fi, ada juga yang dinamakan hotspot. Bagi yang memiliki kapasitas besar untuk kuota internet mungkin suatu saat jika ada orang yang membutuhkan bantuan atau teman sendiri meminta agar berbagi jaringan internet perlu mengetahui tentang fitur hotspot. Bisa pelajari juga tentang android jadi modem wifi yang tidak terlepas dengan fitur hotspot tadi.

Mengaktifkan Sistem Keamanan

Terkadang ada pengguna gadget yang tidak ingin ponselnya dapat diakses siapa saja, maka bisa juga setelah beli android melakukan pengaktifan fitur keamanan. Mulai dari penguncian layar, folder tertentu serta yang paling ekstrim mengaktifkan kunci handphone secara keseluruhan. Ini sih wajar, hanya saja perlu untuk selalu mengingat kode pengunciannya dan jangan sampai lupa.

Menambahkan Pelindung layar serta Body Handphone

Untuk pelindung layar saat ini beberap brand ternama pada produk yang mereka pasarkan, sudah dilapisi dengan pelindung seperti contohnya Gorilla Glass pada ASUS Zenfone 3 Deluxe yang berguna mengatasi goresan pada layar. Namun tidak ada salahnya juga untuk menambahkan lagi, biar lebih banyak pelindung jadi tidak perlu kuatir. Hanya saja, pastikan pilih yang transparan ya.

Body handphone juga perlu untuk dilapisi, agar tetap terjaga kemulusannya baik dari samping maupun belakang. Dan untuk ini biasanya ada yang jenis soft case serta hard case, sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Mempelajari Manual Book Cara Terbaik Setelah Beli HP Android Baru

Setelah Beli HP

Walau sudah banyak penjelasan yang diberikan di atas, namun sebenarnya paling penting adalah mempelajari apa yang dijelaskan pada manual book karena juga terdapat petunjuk cara merawat smartphone agar tetap selalu baik. Sekarang ini juga, buku petunjuk yang ada juga tidaklah tebal-tebal jadi hanya memerlukan waktu sebentar saja untuk mempelajarinya.

Lebih kurang seperti yang telah dijelaskan hal-hal yang perlu dilakukan setelah beli hp android baru dan semoga bisa menambah informasi atau juga menjawab persoalan yang sedang dihadapi.

Tips Penting Dilakukan Setelah Beli HP Android Baru | admin | 4.5
error: Alert: Content is protected !!